Night.Dream

Serba Serbi Posting

Ramadlan Zaman Nabi

Sudah beberapa hari kita menjalani puasa Ramadhan, dan tinggal hitungan jari memasuki bulan syawal. Tentunya harus kita maksimalkan semua waktu dan tenaga yang kita punya dalam menjalani detik demi detik di bulan Ramadhan ini. Terkadang saya berpikir bagaimana situasi Ramadhan pada zaman Rasulullah SAW. Bagaimana masyarakat ketika itu menghabiskan waktunya saat berpuasa? Bagaimana situasi sahur dan berbuka, ketika udara Arab yang panas dan teknologi yang belum ada seperti sekarang?

Tidak banyak referensi yang saya dapatkan tentang jawaban pertanyaan tersebut. Kecuali, sumber tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Bulan Ramadhan pada zaman Rasulullah SAW. Namun, kiranya peristiwa tersebut, sedikitnya menggambarkan bagaimana kondisi Ramadhan pada saat itu.

Diantara peristiwa-peristiwa tersebut adalah perang Badr
Perang Badar terjadi pada 12-17 Ramadhan 2 Hijriah atau 624 Masehi (Aulia, : 3) dan merupakan perang pertama yang dilalui oleh umat Islam di Madinah. Kala itu umat Islam yang baru saja diperintahkan berpuasa satu bulan sebelumnya [1], terpaksa bertempur melawan kaum kafir dengan jumlah yang tidak sebanding. Pertempuran yang berlangsung di sumur Badar ini [2] , 313 pasukan kaum muslim berhadapan dengan + 1000 pasukan kaum kafir Quraisy.

------------------------------------------------

Aulia, Riza. Tanpa tahun. Ringkasan Riwayat Hidup Muhammad SAW; sejak kelahiran hingga wafat (570 M – 632 M). [online] tersedia : http://www.scribd.com/doc/6710037/Ringkasan-Riwayat-Hidup-Muhammad-Saw-Rev.
[1] , berkata Imam Nawawi : Rasulullah telah berpuasa Ramadhan selama sembilan tahun karena puasa ramadhan diwajibkan pada bulan Sya’ban pada tahun ke-2 H, dan Nabi wafat pada bulan Rabi’ul Awwal pada tahun ke-11 H. http://formulahaji.com/tentang-pensyariatan-puasa-ramadhan.
[2] Suatu lokasi yang biasanya menjadi tempat persinggahan bagi semua kafilah yang sedang dalam rute perdagangan dari Suriah. http://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Badr.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Seputar Islami dengan judul Ramadlan Zaman Nabi. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Night.Dream
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, August 7, 2013

Belum ada komentar untuk "Ramadlan Zaman Nabi"

Post a Comment